akmani legian hotel

akmanilegian.com

Sabtu, 01 Agustus 2015

Perkenalkan Ipo Chan, Polisi Internet Indonesia

Jika netizen Jepang berhasil menciptakan fenomena ISIS-chan sebagai aksi protes mereka terhadap kelompok teroris ISIS yang telah mengeksekusi dua warga Jepang, netizen Indonesia juga sempat membuat fenomena yang sama.

Berbeda dengan ISIS-chan, pihak yang direimajinasikan netizen Indonesia adalah Internet Positif yang telah disulap menjadi sebuah karakter/gijinka yang moe bernama Ipo-chan.
Ipo chan [] berpositive.blogspot.com


Ipo-chan digambarkan sebagai seorang gadis berambut hitam yang menggunakan kacamata serta headphone. Ipo-chan menggunakan seragam berwarna biru-merah yang merupakan kombinasi warna pada situs Internet Positif. Ipo-chan juga digambarkan sebagai karakter yang terlihat galak namun "bullyable".

Desain karakter Ipo-chan pertama kali diperkenalkan komunitas Spring Roll Circle.
Ipo-chan menjadi sangat populer di kalangan netizen Indonesia. Beberapa bahkan menganggap Ipo-chan sebagai penggambaran yang tepat untuk Internet Positif yang memang tak disukai netizen karena dianggap sering memblokir situs tanpa alasan dan prosedur yang jelas.

Internet Positif dikelola Trust Positif, sebuah badan di bawah Kemkominfo untuk mengendalikan berbagai situs di internet yang dianggap melanggar peraturan dan berpotensi memberikan dampak buruk bagi masyarakat Indonesia. Situs yang telah diblokir pun jumlahnya cukup banyak. Situs tersebut kebanyakan merupakan situs yang berbau pornografi, judi, dan SARA.
ipo chan [] berpositive.blogspot.com

Meski demikian, beberapa penerapan program ini tak jarang mendapat kecaman dari jagad internet Indonesia yang dianggap terlalu berlebihan dan juga adanya iklan yang merujuk seksualitas di laman Internet Positif sendiri. Berbagai kritik dan reaksi mengenai program pemerintah ini tidak jarang menjadikan program ini sebagai bahan guyonan di internet.

Ipo chan tidak mendukung kebijakan internet positif justru pesan dari Ipo chan adalah parodi (mengolok-olok) kebijakan internet positif pemerintah yang mengekang kebebasan mengakses informasi dan kebebasan berekpresi.

ipo chan & mr. tiffie [] berpositive.blogspot.com

Ipo-chan adalah buah kekesalan masyarakat terhadap kebijakan internet positif yang kemudian terwujud dalam bentuk karakter yang menyindir, ia tampil dengan rok dan stocking hitam seksi berdada cukup besar dan banyak artist yg menggambarkan ipo-chan dalam situasi "dibobol", "dijebol" dengan proxy vpn dll. ipo-chan bahkan digambarkan berkawan dengan fakku-chan dan sadpanda, dua karakter website yang diblokir oleh pemerintah indonesia.

Berikut beberapa gijinka Ipo Chan:







































Tidak ada komentar :

Posting Komentar