akmani legian hotel

akmanilegian.com

Kamis, 20 Agustus 2015

Perkara CoPas men-CoPas

Halow gan n sist disana masih waraskah? Mimin harap gan n sist sekalian masih dalam keadaan sadar ya, jangan kayak mimin yang mulai kehilangan kewarasan. Yap akhir-akhir ini mimin emang lagi kurang waras, pikiran kemana-mana, akibatnya ya rumah mimin di dumay ini jadi terbengkalai dan jarang posting, alasannya ya masih klasik, sibuk bergelut dengan debu dunia nyata sama emang beberapa minggu kebelakang mimin lagi kering ide.
no idea [] berpositive.blogspot.com
no idea


Daripada ini blog jadi mirip blog mati, lebih baik mimin copas aja artikel menarik dari website lain. Copas memang tindakan yang ga baik, tapi ga bisa disebut salah juga kok, tapi pastinya harus ada etikanya, sama seperti halnya agan atau sist mau copas dari blog ini. Gapapa, itu boleh-boleh aja asal sumbernya dicantumin.

Seperti hukum internet yang sudah berlaku "apapun yang sudah di unggah ke internet adalah milik internet" dan "Segala sumber daya dalam internet bebas dimiliki oleh netizen selama tidak melanggar hukum hak intelektual netizen lainnya"
Jadi copas itu disahkan lho, tapi tetap ada aturannya.
copas shortcut [] berpositive.blogspot.com

  • Agan boleh copas artikel atau konten bebas hak cipta apapun dari internet asalkan agan atau sist mencantumkan/menuliskan sumber konten tersebut di blog/website agan. Boleh dengan istilah "sumber : , source : , credit to :" atau kata lainnya. Seperti artikel ini contohnya.
sumber copas [] berpositive.blogspot.com
contoh sumber copas
  • Boleh tidak mencantumkan sumber asal artikel yang akan agan posting minimal 50% nya berbeda dengan artikel aslinya. Dengan kata lain agan n sist harus memodifikasi (menambah atau mengurangi isi artikel minimal setengahnya) ya walaupun isinya ga bakalan jauh beda, minimal agan udah ada usaha membuat sesuatu yang beda. Seperti artikel ini contohnya.

artikel modifikasi [] berpositive.blogspot.com
contoh artikel modifikasi

Tentu akan jauh lebih baik jika agan meminta ijin dulu ke juragan websitenya sebelum ber-copas ria, sekedar tulis "ijin share" di kolom comment sudah cukup.

Juga mimin saranin jadilah copaser yang profesional, jangan cuma copy dari web lain terus di paste begitu aja di new entry blog agan.

Gunakan "paste as plain text" agar format penulisan di website sebelumnya tak ikut terpakai di entry agan, jika agan nekat menggunakan paste biasa maka ada kemungkinan format penulisannya akan ikut ter-paste dan menjadikan entry agan jadi kacau bin aneh, bisa juga plain paste di ms.word dulu sebelum ke new entry.
keep text only [] berpositive.blogspot.com
keep text only

Kegiatan copas meng-copas memang sudah tidak bisa dihindari lagi, tentu banyak netizen yang pro ataupun kontra. Bagaimanapun sebagai manusia modern sudah seharusnya kita bisa menghormati hasil karya orang lain, mungkin saja si empunya artikel membuatnya dengan penuh perjuangan dan mengorbankan berbagai hal, mungkin saja kan?! kita kan tak pernah tau kisah dibalik tulisan itu seperti apa sebelum mendalaminya.

lho kok mimin jadi nulis yang gajelas gini sih!? ya gini dah kalo lagi ga fokus, maunya nulis intro buat artikel copas-an malah jadi satu artikel baru, original lagi. wkwkwkwk

yauda biar ga dibilang boong, silahkan dibaca ya artikel copasan dari kulkulbali.co ,  tulisannya emang agak nyeleneh tapi asik kok buat dibaca.

ok gaeess, selamat MEMBACA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar